banner study tour

Study Tour D3 Teknik Informatika FMIPA UNS merupakan agenda tahunan dari praogram studi D3 Teknik Informatika. Agenda ini di ikuti oleh mahasiswa Semester V D3 Teknik Informatika. Agenda yang dilaksanakan adalah berkunjung ke Instansi-instansi yang bergerak dibidang IT yang tujuannya untuk memberi wawasan kepada mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja.

Pada tahun ini kunjungan yang dimulai 29 Oktober – 31 Oktober 2018 diagendakan mengunjungi 7 intstansi di 2 Kota, yaitu Jakarta dan Bandung. Untuk instansi yang ada di Jakarta yaitu, Jakarta Smart City, Indigo Telkom, The Little Giantz Studio, dan PT Qwords Company International. Sedangkan untuk instansi yang ada di Bandung yaitu, Agate Studio, Octagon Studio, dan Lembaga Ilmu Pegetahuan Indonesia (LIPI) Bandung. Pada tahun ini rombongan kunjungan juga dibagi dalam 2 bus, Bus 1 dan Bus 2.

Pada Kunjungan 1 hari pertama bertempat di Ibukota Jakarta, Bus 1 dijadwalkan untuk mengunjungi Jakarta Smart City namun karena ada kendala maka kunjungan terpaksa dibatalkan. Untuk Bus 2 dijadwalkan mengunjungi Indigo Telkom, sebuah instasi yang bergerak dalam bidang inkubasi dan akselerasi startup di Indonesia. Kunjungan  ke Indigo berjalan lancar meskipun ada beberapa kendalanya sebelumnya.

Kunjungan Indigo

 

Setelah itu kunjungan 2 masih dihari pertama Bus 1 menuju ke The Little Giantz Studio. The Little Giantz Studio sendiri adalah sebuah perusahaan animasi bertaraf internasional yang sudah malang melintang di industri animasi dunia. Sedangkan Bus 2 berpindah mengunjungi PT Qwords Company International, yang merupakan perusahaan penyedia jasa layanan Web Hosting (Web Hosting Provider). Kunjungan 2 juga berjalan lancar tanpa halangan ada halangan yang berarti. Setelah agenda kunjungan 2, Bus 1 dan Bus 2 bertolak menuju Kota Bandung untuk menuju tempat penginapan di Hotel Bukit Vipasana.

Kunjungan ke The Little Giantz Studio          Kunjungann ke Qword

 

Selanjutnya pada kunjungan 1  hari kedua yang bertempat di Kota Bandung, Bus 1 melakukan kunjungan di Agate Studio yang merupakan perusahaan yang bergerak pengembangan game. Untuk Bus 2 melakukan kunjungan ke Octagon Studio, sebuah Startup asal Bandung yang memproduksi berbagai produk AR dan VR. Kunjungan yang terkahir dapat dijadikan 1 rombongan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Pusat Penelitian Informatika yang berada dibandung, Kunjungan hari kedua berlangsung lancar sesuai harapan dan kemudian kembali lagi ke tempat penginapan.

Kunjungan Agate          Kunjungan Ocatgon

dsc08236-min

 

Perjalanan jauh rasanya kurang lengkap jika tidak disertai dengan wisata, pada hari ketiga kegiatan study tour difokuskan untuk wisata ke Farmhouse, Hutan Pinus Cikole, dan wisata oleh-oleh. Setelah menyelesaikan wisata sekaligus kegiatan terakhir rombongan bertolak kembali ke Kota Solo dan sampai dengan selamat di keesokan harinya.

dsc08365-min          dsc08427-min

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>