MAILING 2018

Mailing merupakan singkatan dari Media Pembelajaran Interaktif Langsung.  Mailing adalah salah satu program kerja dari bidang Hubungan Masyarakat E-Mailkomp FMIPA UNS. Program kerja ini memiliki tujuan sebagai wadah untuk mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat selama perkuliahan dibidang IT untuk dapat disampaikan kepada masyarakat. Sumbangsih pada sektor pendidikan IT kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan seputar teknologi dan perkembangan informasi.

E-Mailkomp melalui kegiatan ini berkeinginan untuk mengenalkan dunia IT kepada anak-anak yayasan Griya Yatim dan Dhuafa dalam bentuk kegiatan workshop tentang penggunaan serta dampak positif dan negatif internet. Kegiatan  ini ditujukan khususnya untuk anak-anak yayasan Griya Yatim dan Dhuafa agar mereka kedepannya lebih mengetahui dan memahami penggunaan serta dampak negatif dan positif internet.

Pada hari Minggu, 9 Desember 2018 acara MAILING diadakan di Griya Yatim Dan Dhuafa, Jl. Ir. H. Juanda no.172, Kampung Sewu, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57123. Acara dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Ketika panitia sampai ditempat kegiatan, telah disambut hangat oleh adik-adik yang terdapat disana. Ada sekitar 30 anak dan beberapa pengurus yayasan yang mengikuti acara ini. acara dibuka oleh MC dan dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia, ketua umum E-Mailkomp, dan ketua Yayasan Griya Yatim dan Dhuafa. Kemudian acara inti dipandu oleh MOT yang memandu game untuk mencairkan suasana yaitu game pagi, siang, malam. Materi yang diberikan kepada peserta yaitu mengenai dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan internet. peserta juga belajar mengelompokkan mana yang baik dan yang buruk setelah mendengarkan penyampain dari pemateri melalui game juga dan mendapat hadiah. kemudian dillanjutkan menonton kartun edukasi Nussa dan Rara untuk menyampaikan pesan pesan moral melalui media yang menarik.

Selanjutnya pengenalan mengenai Augmanted Reality (AR) kepada adik-adik dan mencobanya secara langsung. Terdapat beberapa tema AR yang dapat dicoba seperti binatang, tata surya, dan masih banyak lagi. Peserta sangat antusias untuk mencoba menggunakan AR. Kemudian dilanjutkan dengan game daya ingat, dimana pada slide ditampilkan gambar dan peserta harus mengingat terdapat gambar apa saja didalamnya.

Acara dilanjutkan dengan E-Mailkomp berbagi dari Unit Kerohanian Islam yang memberikan bingkisan untuk yayasan yang semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik disana. acara ditutup dengan menerbangkan balon yang terdapat tulisan mengenai cita-cita dari peserta mailing dan diterbangkan bersama-sama serta foto bersama antara panitia dan peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>